Evolusi Pick up Toyota Hilux 2018 Dari Masa Ke Masa

Evolusi Pick up Toyota Hilux 2018 Dari Masa Ke Masa

Toyota Hilux 2018 dikenal dunia sebagai salah satu mobil yang sangat tangguh. Bahkan saking tangguhnya, mobil yang satu ini diberikan julukan mobil yang tidak dapat dihancurkan. Toyota Hilux memang memiliki desain yang sporty dan menarik untuk dilihat. Bahkan tampilannya bisa memikat siapapun.

toyota hilux 2018

Generasi pertama Toyota Hilux 

Pada mulanya Toyota Hilux 2018 bukan diproduksi oleh Toyota, bahkan namanya pun juga bukan Hilux. Sebenarnya, dalu Toyota ingin mengembangkan mobil yang merupakan penerus SB 1947. Maka dari itu, Toyota bekerja sama dengan Hino dalam mengembangkan model pikup milik Toyota diiringi dengan kemunculan dari Hino Briska 1961.

Namun Hino Briska lebih ingin fokus dalam peningkatan penjualan, maka namanya dirubah menjadi nama Toyota Briska pada tahun 1967. Di mana pada tahun 1968 mobil ini mulai diproduksi dengan kode mulanya RN 10. Mesin yang digunakan kala itu adalah mesin 1500 cc. Selanjutnya pada tahun 1971 diupgrade menjadi 1600 cc.

Namun agar penjualannya setera dengan Toyota Corona dan Toyota Crown, maka pihak Toyota mulai mengganti namanya menjadi Toyota Hilux. Di mana kata “Hilux” sendiri berasal dari kata “High” dan “Luxury”. Lucunya lagi saat dipasarkan di Amerika, namanya menjadi Toyota Truck.

Generasi kedua

Pada generasi kedua Toyota Hilux dikenalkan pada tahun 1975. Di generasi kedua ini, mobil ini mengalami banyak perubahan, terlebih lagi di bagian bodi mobil. Selain itu, sumbu roda yang digunakan juga lebih diperpanjang lagi. Tidak ketinggalan pula, pada bagian interiornya yang dibuat lebih nyaman lagi.

Generasi ketiga

Untuk generasi ketiga, Toyota Hilux diluncurkan pada bulan September 1978. Pada generasi ketiga ini, pikup tangguh ini mulai disematkan penggerak 4WD, mesin diesel serta double cabin pada pasaran Amerika Serikat. Pada bagian mesinnya sendiri, Hilux menggunakan mesin 20R dengan kapasitas 2200 cc yang juga digunakan oleh Celica pada tahun yang sama. Di generasi ini, Hilux juga dikembangkan dnegan model SUV yang diberi nama Hilux Surf serta 4Runner.

Generasi keempat Toyota Hilux 2017

Pada produksi Toyota Hilux generasi keempat, penjualan berakhir pada tahun 1988 di pasar Jepang, Australia, dan Amerika Serikat. Namun terus dilanjutkan untuk pasaran Afrika Selatan hingga 1997. Bahkan mesin yang digunakan juga mengalami perkembangan dengan mesin 22R yang berkapasitas 2400 cc.

Generasi keempat ini membuktikan betapa gaharnya Toyota Hilux. Bahkan mobil ini terkenal saat adanya konflik di Libya. Banyak sekali senapan dan mesin pelontar yang dibawa dengan mudah oleh Toyota Hilux 2017 sebagai aat perang yang mematikan.

Bahkan ketangguhannya tetap dibuktikan sebagai mobil pertama yang menalukkan Kutub Utara. Di tambah lagi gaharnya mobil ini pada Balap reli marathon di Dakar.

Generasi terbaru Toyota Hilux 2018

Pada generasi terbaru yakni generasi kedelapan, Toyota Hilux 2018 diluncurkan pada tahun 2015. Versi terbaru ini sudah mengusung pengereman darurat otomatis. Selain itu, mesin yang digunakan adalah diesel ESTEC GD 2.4 liter, 2.8 liter dan KD 2.5 liter, 3.0 liter.

 

Posted in Mobil Toyota and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *